SISTA

Diposting pada

Sistem Informasi Tugas Akhir dan Skripsi (SISTA) Universitas Sultan Ageng Tirtayasa mulai online pada tanggal 2 Januari 2016, namun baru akan diimplementasikan pada Semester Genap Tahun Akademik 2015/2016 yang mana untuk melaksanakan Penulisan Skripsi dan Tugas Akhir harus melalui SISTA dengan url: http://ta.untirta.ac.id. Adapun jika prosedur ini tidak ditempuh mahasiswa maka tidak akan dapat mendaftar wisuda meskipun sudah melaksanakan Sidang Sarjana maupun Diploma di Program Studi. Jika mahasiswa sudah menempuh hingga pendaftaran Yudicium, mahasiswa baru bisa mendaftar untuk wisuda melalui aplikasi http://wisuda.untirta.ac.id.

Tujuan dari SISTA ini adalah antara lain:

  1. Agar memastikan Transkrip Nilai di Portal SIAKAD dan Biodata Calon Lulusan Untirta diperoleh sedini mungkin, yang pada akhirnya dapat mempercepat proses pencetakan Ijazah dan Transkrip Alumni Untirta.
  2. Agar dengan adanya biodata dan informasi terkait calon lulusan, Untirta dapat memiliki Bank Data untuk keperluan penyediaan informasi pekerjaan/penawaran kerja yang pada akhirnya adalah dapat mengurangi waktu menunggu pekerjaan bagi lulusan Untirta.
  3. Agar prosedur pendaftaran Tugas Akhir dan Skripsi dilalui secara prosedural dan tertib.
  4. Agar terjadi integrasi antara Sistem Informasi Akademik dengan aplikasi Wisuda Online.
  5. Agar Prodi memiliki Bank Data terhadap data alumninya.

Adapun langkah-langkah Penggunaan Aplikasi ini terdiri dari 3 tahapan umum yaitu:

  1. Pendaftaran Tugas Akhir (http://ta.untirta.ac.id)
  2. Pendaftaran Sidang Tugas Akhir (http://ta.untirta.ac.id)
  3. Pendaftaran Yudicium Fakultas (http://ta.untirta.ac.id)

Adapun pendaftaran wisuda baru bisa dilakukan jika mahasiswa sudah melakukan pendaftaran Yudicium via aplikasi SISTA.

Panduan Umum Penggunaan Aplikasi

Bagi yang pertama kali login akan langsung diarahkan untuk mengisi Biodata, diharapkan bagi mahasiswa untuk mengisi biodata sebaik-baiknya, karena biodata ini akan berguna untuk membantu Untirta mencari alumni yang sesuai dengan kebutuhan pasar tenaga kerja. Setelah lengkap mengisi biodata mahasiswa akan di arahkan ke laman Upload Foto. Lakukan upload foto sesuai dengan ketentuan dimana ketentuannya adalah ukuran 400 x 600 pixel, warna latar adalah merah, file foto maksimal adalah 500kb dan tipe file adalah JPG, serta berpakaian rapi (laki-laki minimal kemeja warna cerah berdasi, wanita menggunakan blazer). Setelah langkah-langkah ini ditempuh, berikutnya mahasiswa akan dihadapkan pada laman Beranda. Langkah selanjutnya, lakukan secara berurutan prosedur:

  1. Pendaftaran Tugas Akhir/Skripsi
  2. Pendaftaran Sidang Tugas Akhir/Skripsi
  3. Pendaftaran Yudicium
  4. Pendaftaran Wisuda