SOSIALISASI VTMS DIII KEPERAWATAN PADA MASYARAKAT BADUI MUALAF BANTEN

 Universitas Sultan Ageng Tirtayasa merupakan Perguruan Tinggi Di Propinsi Banten , yang telah memiliki Fakultas Kedokteran mengijak tahun ke 3 berjalan , memiliki 5 prodi salah satunya program studi DIII Keperawatan , yang memiliki VMTS , yang selaras dengan program pendidikan yang akan ditempuh mahasiswa untuk mencapai kompetensi sesuai kurikulum base.

Rumusan visi, misi, tujuan, dan sasaran Prodi DIII Keperawatan FK UNTIRTA yang telah disepakati dan ditetapkan menjadi acuan dan panduan bersama, oleh karena itu harus didukung menjadi komitmen dari seluruh sivitas akademika. Untuk bisa dipahami dengan baik oleh masyarakat pengguna khususnya masyarakat Badui Mualaf dengan tujuan agar mengenal dan memahami VMTS DIII Keperawatan , yang dapat dijadikan pedoman, dan rambu-rambu bagi semua pemangku kepentingan internal dan eksternal, maka perlu ada sosialisasi visi, misi, tujuan, sasaran dan strategi.

Sosialisasi visi misi di lakukan oleh Prodi DIII Keperawatan secara sistematis, berkala dan berkelanjutan kepada semua pemangku kepentingan yang meliputi dosen, tenaga kependidikan dan mahasiswa., dan saat kesempatan ini diberikan pada stake holder masyarakat Badui Mualaf Lembah Barokah Cileber Pandeglang Banten pada Sabtu 15/01/2022 pukul 13.00 – 13.30 Wib. Sistem pendidikan yang bermutu tentunya berkaitan erat dengan kualitas sumber daya manusia. Hal ini didasarkan pada realitas bahwa output (keluaran) dari suatu sistem pendidikan adalah sumber daya manusia yang akan digunakan dalam suatu lapangan kerja. Upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia dapat dilakukan dengan perbaikan sistem pendidikan yang selanjutnya dapat menghasilkan sistem pendidikan yang bermutu.

Prodi DIII Keperawatan, sebagai salah satu institusi pendidikan yang memiliki komitmen untuk menghasilkan pendidikan yang bermutu, dapat melakukan pengukuran tingkat Pemahaman VTMS nya. Hal ini untuk menentukan apakah Jurusan Keperawatan telah mampu memenuhi ketentuan-ketentuan yang diharapkan oleh pelanggan pengguna lulusannya

Prodi DIII Keperawatan Fakultas Kedokteran Universitas Sultan Ageng Tirtayasa telah berperan aktif dalam mengembangkan ilmu pengetahuan dibidang kesehatan, serta mempunyai andil besar dalam mencerdaskan kehidupan bangsa, meningkatkan kesejahteraan masyarakat, Namun demikian, terus dituntut untuk selalu memperbaiki kualitas proses pendidikannya disertai dengan upaya peningkatan relevansinya dalam rangka persainganglobal dengan taraf ASEAN th 2030.

Hasil kegiatan sosialisasi VMTS dilaksanakan secara sistematis dengan pemaparan menggunakan benner VMSI D III Keperawatan, sosialisasi VMTS prodi dimulai dari lingkup terbatas menuju ke lingkup yang lebih luas sehingga mencakup stakeholder eksternal, sosialisasi melalui alur segmen organisatoris: menjangkau unsur ketua badui mualaf bersama dosen mahasiswa yang ikut dalam kegiatan ini dan masukan dan saran dijadikan panduan untuk perbaikan dan penyempurnaan.